Ayo Buat Indonesia Lebih Baik!



Sumber: http://maschun.blogdetik.com/index.php/archives/506
Negara Kesatuan Republik Indonesia, merupakan sebuah negara yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Indonesia mempunyai jumlah penduduk lebih dari 240 juta jiwa. Dengan banyaknya jumlah penduduk tersebut, Indonesia menduduki peringkat ke-4 penduduk terbanyak didunia, dan Indonesia juga menduduki peringkat ke-8 pengguna internet terbanyak didunia. Hingga saat ini, pengguna internet di Indonesia mencapai lebih dari 82 Juta orang.

INDONESIA PASTI BISA MENJADI LEBIH BAIK!
Sumber: http://www.jawaban.com/index.php/spiritual/detail/id/171/news/130719155200/limit/0/Bersama-Wujudkan-Indonesia-Yang-Lebih-Baik.html

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang berbagai ide yang saya harapkan dapat menjadikan Indonesia lebih baik.

Yang pertama, dari bidang IPTEK, yakni dengan Internet.
Sumber: http://blog.tokopedia.com/2013/02/membangun-indonesia-lebih-baik-lewat-internet/
Internet, merupakan kata yang tidak asing di telinga setiap orang, terutama para remaja yang senantiasa bergaul dengan pesatnya perkembangan teknologi modern. Banyak hal-hal bermanfaat yang dapat kita lakukan di internet, mulai dari blogging, chatting, browsing, hingga transaksi jual beli. Contohnya saja Tokopedia, toko online atau online shop yang didirikan pada tahun 2009 ini, memungkinkan individu maupun pemilik usaha di Indonesia untuk membuka dan mengelola toko online mereka secara mudah dan gratis, sekaligus memberikan pengalaman berbelanja online yang lebih aman dan nyaman. Dengan adanya Tokopedia, tentu semua orang bisa menjadi pengusaha online. Dengan hal itu, lapangan pekerjaan akan bertambah, dan mengurangnya pengangguran di Indonesia. Sudah banyak orang yang meraih omset jutaan hingga ratusan juta rupiah lewat Tokopedia. Hingga akhir july 2013, Tokopedia berhasil masuk dalam top-50 situs paling sering dikunjungi di Indonesia, dan berhasil menjual sebanyak 13,4 juta produk. Tokopedia ini juga bertujuan untuk membangun Indonesia lebih baik, lewat internet. Semoga saja, Tokopedia akan menjadi perusahaan internet yang mampu mengharumkan nama Indonesia di mata dunia, Tokopedia dari Indonesia, seperti Google dari Amerika dan Alibaba dari China.
Dengan internet, kita bisa mengumpulkan dan mendapatkan informasi secara real time. Hal itu membuat saya berfikir bahwa, bukan tidak mungkin jika Indonesia mengadakan pemilu secara online. Menurut saya, pemilu secara online dapat menghemat pengeluaran APBN, karena pemilu online tidak memerlukan biaya percetakan dan transportasi untuk pengiriman surat suara. Pemilu online sangat meminimalisir kecurangan yang ada, dan hasilnya dapat diproses dengan sangat cepat.

 Yang kedua, cintai produk Indonesia
Sumber: http://www.siperubahan.com/read/723/Bangsa-Kita-Mudah-Jatuh-Cinta
Saat ini, perkembangan teknologi terjadi sangat pesat, mulai dari computer, handphone, ac, kulkas dan sebagainya. Pasti kita sering mendengar berbagai brand dari luar negeri, seperti: Apple, Samsung, LG, dan lain lain. Tapi, apakah anda tahu bahwa Indonesia juga mempunyai produk produk dalam negeri yang bahkan juga sangat laku terjual diluar negeri, contohnya: Maspion (perusahaan elektronik keperluan rumah tangga), Polygon (sepeda), Polytron (alat alat elektronik), BYON (produsen computer dan notebook) dan masih banyak lagi. Hal tersebut menunjukkan bahwa Indonesia juga bisa membuat produk berkelas dunia. So, kenapa kita harus minder dengan produk bangsa kita sendiri?

Yang ketiga, dari aspek lingkungan
a).      Membuang sampah pada tempatnya.
Sumber: http://pm70reguler.blogspot.com/2013/02/buang-sampah-pada-tempatnya.html
Memang terlihat sepele, akan tetapi dampaknya sangat besar. Contohnya terjadi banjir dimana mana, hal itu merupakan ulah kita sendiri yang membuang sampah sembarangan. Padahal sampah bisa dijadikan bahan daur ulang yang tentunya akan membuka lapangan pekerjaan baru disekitar kita. Tidak sedikit kita dengar bahwa produk hasil daur ulang sangat menguntungkan, bahkan produk tersebut banyak yang diekspor ke negara tetangga.
 Di negara negara maju, kita jarang melihat orang yang membuang sampah sembarangan, hal itu dikarenakan kesadaran setiap orangnya untuk menjaga lingkungan sekitar. Sebaiknya kita sadar akan kebersihan lingkungan, jika lingkungan kita bersih, pasti tidak ada sungai sungai yang tercemar, tidak ada permukiman kumuh, dan pastinya, Indonesia akan menjadi lebih baik!

b).      1 rumah menanam 1 pohon
Sumber: Sumber: http://depoktren.com/wp-content/uploads/2014/01/tanam-bibit-pohon.jpg
Apakah anda pernah bertanya tentang harga oksigen di Apotek?. Ya, kurang lebih 25 ribu / liter. bagaimana dengan nitrogen?. ternyata kurang lebih Rp. 9.950/liter. Dan tahukah anda, bahwa dalam sehari manusia menghirup 2.880 liter oksigen dan 11.376 liter nitrogen, dan jika dihargai dengan rupiah maka akan mencapai Rp. 170 juta/hari untuk tiap manusia, dan 1 bulan kebutuhan sama dengan Rp.5,1 M/orang. Orang yang paling kaya pun tidak dapat melunasi biaya nafas hidupnya dan tuhan memberikan itu semua secara gratis lewat pohon-pohon sekitar rumah anda. Namun, keadaan udara yang kita hirup sekarang sudah tidak segar lagi. Banyak penebangan liar, dan polusi sudah terjadi dimana mana. Alangkah baiknya jika setiap rumah di Indonesia menanam 1 pohon. Tentu saja hal itu dapat mengurangi polusi dan memperbaiki kualitas udara di Indonesia. Dengan udara yang bersih, maka masyarakat akan lebih sehat!

Yang keempat, Perbaikan gizi untuk meningkatkan SDM yang berkualitas
Sumber: http://sasrianaoctavinia.files.wordpress.com/2012/10/posyandu_nusantara.jpg
                Ya, di Indonesia masih banyak terdapat kasus gizi buruk. Miris memang, banyak saudara saudara kita di daerah lain yang kekurangan gizi. Saya berharap agar pemerintah tidak menganggap remeh kasus gizi buruk ini. Karena, dengan gizi yang cukup, seorang anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, menjadi seorang yang berprestasi dan pastinya akan membawa perubahan agar Indonesia menjadi lebih baik.


Yang kelima, memajukan kualitas pendidikan di daerah daerah terpencil
Sumber: http://oktean.files.wordpress.com/2012/05/guru-sekolah-terpencil.jpg?w=300&h=250
                Selain melakukan perbaikan gizi, kualitas pendidikan juga sangat penting. Banyak sekolah sekolah yang masih bisa dikatakan “tidak layak”, hal ini sungguh tragis. Jika sekolahnya tidak layak, bagaimana proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik?. Padahal sekolah merupakan jembatan menuju kesuksesan.


Yang keenam, meningkatkan kualitas tayangan TV di Indonesia
Sumber: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhoU2wHnGjRH1hyjIxK53SMjOZPr2A_LJPLGmVb2KOxDtg6UlnCs64WiIzYrsdMqfFluMdYeNnFPB9TcbdVlVPHJ29R98cuhbcoveqsiLW9Pgz-0vU4msEtfLNYfAmEy2-AZi9sfHTY0q1e/s400/tv_dangers.gif
Jika berbicara tentang tayangan TV, pasti kita membayangkan sebuah sinetron, komedi, yang kebanyakan programnya tidak mendidik. Tayangan TV di Indonesia banyak dihiasi dengan tindak kekerasan, tahayul, gosip yang mendekati fitnah, penyajian berita yang berlebihan dan sebagainya. Tiap harinya, jutaan orang menonton TV di Indonesia, dari anak anak hingga orang tua. Bisa dibayangkan begitu besar pengaruh TV ke masyarakat. Untuk itu, program TV  harus bisa menjadi tauladan, memberi dan menyajikan hal yang baik atau positif. Saya berharap, apapun acara TV nya, bisa menjadi motivasi, mendidik, dan menjadi inspirasi bagi penontonnya.

Yang ketujuh, tertib lalu lintas
Sumber: http://inioke.com//foto/berita/slogan%20lantas%202012.jpg

Hingga saat ini, Indonesia menduduki peringkat ke-5 dengan kecelakaan lalu lintas terbanyak didunia. Hingga akhir tahun 2013 lalu, Korps Lalu Lintas Mabes Polri mencatat terjadinya 101.037 kecelakaan lalu lintas. Akibatnya, 25.157 korban meninggal dunia, 29.347 orang menderita luka berat dan 113.131 orang luka ringan. Ironis memang, puluhan ribu nyawa melayang dijalanan Indonesia. Hendaknya kita sebagai masyarakat Indonesia tertib lalu lintas dan mematuhi peraturan dijalanan, hal itu pasti akan sangat meminimalisir jumlah kecelakaan yang terjadi, dan mungkin saja dengan seperti itu, Indonesia akan menjadi negara dengan lalu lintas teraman didunia!

Itulah ide dari saya agar indonesia menjadi lebih baik. Saya berharap agar Indonesia dapat menjadi negara yang lebih maju, lebih baik, adil, dan makmur. 
 
Ayo tuliskan semua ide kreatif kamu disini!!!

Ini dia Tips Belanja Online Aman dari Tokopedia:
 

dan Tips Belanja Online Mudah di Tokopedia:
First