Pekanbaru, Smart City Zaman Now!

Kota Pekanbaru | Sumber Gambar: jrrny.com

Sungai Siak melintasi kota ini, Pekanbaru. Di musim kering, airnya tak pernah surut. Sungai terdalam di Indonesia ini mengalir damai, tapi, airnya berbau, coklat tebal dan nyaris hitam, Namun, tanpa peduli anak-anak pesisir sungai ini tetap saja berenang usai sekolah. Tapi bila musim hujan datang airnya menggenangi rumah warga, sekolah, puskesmas dan jalan.

Aku mengendarai motorku dengan pikiran kosong. Yang ada dalam benakku hanyalah gigi satu, tarik kopling, gigi dua, gas dan manuver-manuver persneling lainnya yang tidak membutuhkan hapalan atau pemikiran, tapi kebiasaan. jalanan macet. Lagi-lagi macet, dan selalu macet. Aku hanya bisa menggerutu kesal, yang pada akhirnya semua gerutuanku itu hanya terserap ke dalam kepulan asap bus kota yang menguap ke langit Pekanbaru.

Hari itu aku tiba di kampus sedikit terlambat karena di jalan ada salak berserakan. Lagi-lagi aku tidak habis pikir, kenapa tiga karung salak yang dibawanya dengan motor itu tidak diikat, hanya dipegang saja. Sudah pastilah akan mudah jatuh, ditambah lagi jalan yang menganga seperti kudis, dan bergelombang seperti sirkuit moto cross. Untung tidak ada gundukan jump-nya. fiuh..

Langkah-langkahku berat, sangat berat untuk mengangkat tubuhku mendaki anak-anak tangga satu demi satu ke lantai dua. Pukul tujuh kurang sepuluh menit. Aku memasuki ruangan kelas. Rasa kantuk dan lesu masih bergayut di tubuhku. Marajam-rajam dari dalam. Sebuah pertanyaan terlintas dalam benakku, "Kapankah Pekanbaru Menjadi Smart City yang sesungguhnya?"

***

Sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi, kota Pekanbaru saat ini memang sedang melakukan pembangunan disegala bidang dalam mewujudkan Smart City. Hal tersebut juga sejalan dengan Visi Daerah kota Pekanbaru (2005 - 2025) yaitu terwujudnya kota Pekanbaru sebagai pusat perdagangan dan jasa, pendidikan serta pusat kebudayaan melayu menuju masyarakat sejahtera yang berlandaskan iman dan taqwa. Terdapat 6 pilar dapat digunakan dalam mewujudkan kota Pekanbaru sebagai Smart City, yaitu
  1. Smart Government
  2. Smart People
  3. Smart Economy
  4. Smart Environment
  5. Smart Mobility
  6. Smart Living
Smart Government | Sumber Gambar: media.sproutsocial.com
Mari kita bahas satu persatu. Dalam Smart Government, pemerintah kota Pekanbaru mempunyai Visi dan Misi mampu bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja ikhlas, disiplin, kreatif, inovatif, memiliki jiwa dan semangat kewirausahaan (Entrepreneur), berkomitment untuk menyelenggarakan pemerintahan yang bersih (Clean Government), tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governence) dan mampu memberikan pelayanan yang lebih dekat, cepat, murah, tepat dan lebih baik. Smart Government akan terwujud dengan Budaya Kerja, Aparatur, dan Sistem Kerja yang Smart


Smart Economy | Sumber Gambar: Freepik
Dalam menerapkan Smart Economy, ekonomi berbasiskan kepada ekonomi kerakyatan dan padat modal, tumbuh melalui kekuatan inovasi dan kreativitas yang melahirkan produk barang & jasa berkualitas, memiliki kemampuan melihat peluang, memanfaatkan situasi dan potensi sehingga membentuk kemandirian, ketangguhan dan daya saing. Pilar ini juga akan terwujud dengan pelaku usaha, manajemen/pemasaran, Pasar dan Sarana Pendukung yang Smart, serta Produk yang berkualitas. 


Smart Environtment | Sumber Gambar: commonfloor.com

Begitu juga dengan Smart Environtment, diciptakan lingkungan yang memberikan dukungan dan manfaat kepada manusia dalam mewujudkan kualitas hidup yang memberikan rasa aman, nyaman, damai, dikelola dengan prinsip "seimbang, bersih, sehat, asri, dan berkelanjutan". Smart Ekosistem, Smart Pengelolaan LH, Smart Building diperlukan demi mewujudkan Smart Environtment.


Smart Mobility | Sumber Gambar: abiresearch.com
Sistem pergerakan barang dan orang yang efektif dan efisien dalam mendukung semua aktifitas kota, berbasis angkutan umum massal dan logistik, dengan dukungan infrastruktur dan sistem manajemen handal berbasis teknologi IT merupakan fokus utama dari Smart Mobility. Diperlukan adanya Moda Angkutan, Infrastruktur dan Sistem Manajemen Transportasi yang smart guna mewujudkan pilar ini.


Smart Living | Sumber Gambar: blog.advids.co
Terciptanya kota yang layak huni (liveable city), kota yang mampu memberikan layanan permukiman dengan standar terbaik untuk mendorong terwujudnya masyarakat yang sejahtera dan bahagia merupakan tujuan dari Smart Living. Smart Living ini dibentuk dengan adanya Hunian Berkualitas, Smart Utilitas, Smart Security/Keamanan, dan Smart Budaya dan Sosial.

Macet bukan lagi hal yang jarang kita temui di kota bertuah ini. Namun, hal tersebut bukanlah sesuatu yang tidak dapat kita rubah. Smart People sangat dibutuhkan untuk mewujudkan kota Pekanbaru menjadi Smart City. Smart People yaitu masyarakat madani, masyarakat yang sehat secara rohani dan jasmani, cerdas (berpendidikan, terampil, menguasai teknologi yang berperadaban), berakhlak mulia dan berbudaya. Smart People teridiri dari Mental/Spiritual/Rohani, Fisik/Jasmani yang sehat, Intelektual, dan budi pekerti yang baik. Tanpa adanya Smart People mungkin pilar lain tidak bisa terwujud. 

Jadi, mari kita mulai dari diri sendiri. Dimulai dari hal kecil misalnya, seperti sikap menghargai dan rela mengalah ketika berlalu lintas, tidak membuang sampah sembarangan, dan bersikap jujur guna memberantas budaya korupsi. 
Kalau bukan kita yang memulai, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi?
Previous
Next Post »