Politeknik Caltex Riau, Bukan Sekedar Tempat Kuliah

Politeknik Caltex Riau Sebagai Politeknik Swasta Terbaik

We Are Politeknik Caltex Riau. You are NEXT!
Tidak sedikit yang mengatakan bahwa masa-masa di SMA merupakan hal yang paling menyenangkan bagi setiap orang. Tidak sedikit juga yang berpendapat bahwa masa perkuliahan tidak seindah kisah kuliah di sinetron. Namun hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Menurut saya, masa perkuliahan tidak kalah indahnya dengan masa SMA. Kenapa? yuk baca artikel berikut ini. 

Oh ya, seperti kata pepatah "tak kenal maka tak sayang", maka dari itu perkenalkan saya Alkhairi dan saat ini saya menduduki bangku perkuliahan semester 7, di kampus Politeknik Caltex Riau. Disinilah tempat saya mendapatkan berbagai pelajaran serta pengalaman nan luar biasa. Barangkali diantara kamu ada yang bertanya "kenapa sih kuliah di Politeknik?" atau "kenapa harus Politeknik Caltex Riau?" berikut jawabannya..

Politeknik merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi yang mengarah kepada penguasaan keahlian terapan tertentu. Pendidikan vokasi mencakup program Diploma I (D1), hingga Diploma IV (D4). Banyak Politeknik yang tersebar di Indonesia, salah satunya ialah Politeknik Caltex Riau. Ya, kampus yang menyandang gelar sebagai "Politeknik Terbaik di Riau" dan "Politeknik Swasta Terbaik di Indonesia" ini baru berusia 16 tahun, terbilang sangat muda jika kita bandingkan dengan perguruan tinggi lainnya. Namun, usia bukanlah jadi tolak ukur kesuksesan, karena hingga saat ini, Politeknik Caltex Riau berhasil menorehkan berbagai prestasi gemilang mulai tingkat nasional hingga internasional. Oleh karena itulah, saya beranggapan bahwa #LebihBaikKuliahdiPoliteknik.


Politeknik Caltex Riau | Sumber Gambar: www.pcr.ac.id
Meskipun kampus swasta, kamu nggak perlu takut mahal kok. Di kampus ini terdapat berbagai beasiswa yang bisa kamu dapatkan, seperti Beasiswa Yayasan Politeknik Caltex Riau (YPCR), Bidikmisi, Peningkatan Prestasi Akademik, Darmasiswa Chevron Riau, hingga Beasiswa dari Ikatan Alumni Politeknik Caltex Riau. Wah, hebat bukan? Alumninya saja sudah bisa memberikan bantuan beasiswa bagi mahasiswa aktifnya. Ya, rasa kebersamaan sangat dapat kita rasakan di kampus ini. Selain itu, berbagai fasilitas juga disediakan demi menunjang aktivitas mahasiswanya, seperti Gedung Serba Guna, Student Center, Perpustakaan, Amphiteater, Mesjid, dan lainnya. Jadi Kuliah Politeknik itu kereen kaan?

Kampus dengan motto "Empowers You to Global Competition" ini mempunyai visi yaitu diakui sebagai Politeknik Unggul yang Mampu Bersaing Secara Global. Politeknik Caltex Riau mewujudkan visi tersebut salah satunya melalui 10 Program Studi, yang terbagi menjadi 5 program studi Ahli Madya (D III) dan 5 Program Studi Sarjana Sains Terapan (D IV). Untuk lebih detailnya bisa kamu lihat dalam gambar berikut yaa..
Daftar Program Studi Politeknik Caltex Riau | Sumber Gambar: Prospektus PCR
Politeknik Caltex Riau atau yang biasa disingkat dengan PCR, merupakan kampus yang Tertib Lalu Lintas, Bebas Asap Rokok, dan Ramah Lingkungan. Hal tersebut dapat saya rasakan sejak pertama kali memasuki kampus pada 2014 lalu. Untuk memasuki area kampus, mahasiswa diwajibkan mematuhi peraturan yang ada, seperti menggunakan spion ganda dan helm bagi pengendara kendaraan bermotor. Jika tidak lengkap, siap-siap saja kamu bakalan di tilang oleh securitynya loh hahaha..

Yang pertama kali kita temui ketika memasuki kampus adalah gerbang atau portal. Setelah itu kamu bisa menyusuri jalan dengan jejeran pepohonan di tepiannya. Seperti mimpi rasanya berada dikampus yang menyatu dengan alam melalui aneka ragam tumbuhan didalamnya, bak permadani hijau yang membalut permukaan tanah disekitarnya. Udara tanpa asap yang sejuk berpayung awan, langit biru dihiasi awan putih bergerombol, dan area kampus bersih dari sampah yang berserakan, tentu menjadi sesuatu yang luar biasa bagi mata. Ketika itu saya berdecak kagum, hingga selalu memuji sampai saat ini, "Beruntung sekali orang-orang yang bisa berkuliah disini".

PCR memang bukan hanya sebagai tempat untuk meningkatkan kemampuan akademis. Berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) turut mewadahi mahasiswa PCR dalam bidang non-akademis, mulai dari bidang olahraga, hingga kesenian. Saya sendiri saat ini sudah pernah tergabung kedalam beberapa UKM, seperti UKM Sepak Bola dan UKM STAR (Jurnalistik), yang membuat saya jadi lebih mampu berorganisasi serta mengenal banyak orang. Dalam kampus, tak lengkap rasanya bila hanya ada UKM, berbagai komunitas pun juga dibentuk hingga saat ini, mulai dari komunitas bela diri, teater hingga animasi.

Jika kamu menjadi mahasiswa baru PCR, pastinya terlebih dahulu kamu akan melewati rangkaian kegiatan yang bernama Information Study Orientation, atau sering disebut dengan ISO. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari proses pengenalan kampus kepada mahasiswa baru, serta menjadi media untuk menanamkan bahwa menjadi mahasiswa PCR harus "Disiplin, Kebersamaan, dan Cinta Lingkungan". Mau tau bagaimana kegiatannya, kamu bisa lihat dalam video berikut ini yaa

Video Dokumentasi ISO PCR 2016

Setelah ISO berakhir, mahasiswa baru dilantik pada Sidang Terbuka Senat yang diadakan setiap tahunnya. Kegiatan tersebut juga diselenggarakan sebagai Dies Natalis Politeknik Caltex Riau. Setiap angkatan di PCR biasanya disebut dengan Generasi, contohnya Angkatan 2014 berarti Generasi 14 (G14). Sejak tahun2014, PCR menerapkan Transkrip Akademik Kemahasiswaan (TAK) terhadap setiap mahasiswanya. Ya, transkrip tersebut berisikan daftar poin yang bisa kita dapatkan ketika mengikuti kepanitiaan. Batas minimal poin TAK untuk D3 adalah 60 poin, dan untuk D4 adalah 75 poin. Saat ini poin TAK saya sudah lebih dari 100 poin, ada yang bisa tebak point TAK saya saat ini? Jawabannya bisa kamu berikan di komentar blog ini ya guys..

Pada paragraf sebelumnya saya sempat menuliskan bahwa PCR berhasil menorehkan prestasi gemilang. Hal tersebut benar adanya. Contohnya kemarin (18/09/2017), PCR berhasil memasuki babak final bidang Data Mining pada ajang GEMASTIK yang diselenggarakan di Universitas Indonesia. PCR juga meraih juara 3 kategori animasi dalam event tersebut pada tahun lalu. Selain itu, saya sendiri juga sempat meraih beberapa prestasi selama berkuliah di Politeknik Caltex Riau, diantaranya sebagai berikut:
- Juara II - Doodle Artivity se-Kota Pekanbaru,
- Runner-up Kompetisi Blog Reservasi.com tingkat Nasional,
- Juara II - Design Poster Terfavorit dalam Kompetisi Poster Bank Indonesia
- Runner-up Kompetisi Blog Airpaz.com tingkat Nasional
- Juara I - Desain Poster dalam event Nuclear Fair oleh Badan Teknologi Nuklir Nasional
- Juara III - Graphic Design Technology, dalam Asean Skill Competition 2017 Provinsi Riau.
- Tersertifikasi sebagai Programmer oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Indonesia.

Prestasi tersebut memang tidak sepenuhnya bidang ilmu yang saya pelajari dalam program studi Sistem Informasi, tetapi hal tersebut tidak mengurungkan niat saya untuk terus berkarya. Seiring proses pembelajaran di Politeknik Caltex Riau, kita juga dapat mempelajari hal lain, baik itu secara otodidak ataupun sharing antar mahasiswa.

Selain prestasi, saya juga meningkatkan soft skill melalui berbagai kegiatan, seperti:
  1. Master of Ceremony (MC) Inter High School Journalistic Workshop (IHSJW) 2015.
  2. Tim Dokumentasi (Camera-man dan Video Editor) Mawapres PCR 2015.
  3. Tim Dokumentasi Pekanbaru JOBFAIR 2015.
  4. Master of Ceremony (MC) Utama, Wisuda XII Politeknik Caltex Riau, 2015.
  5. Master of Ceremony (MC) Kuliah Umum Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau 2015.
  6. Ketua Pelaksana Pekanbaru Techno Day with Microsoft Indonesia 2016.
  7. Co-Trainer Global Microsoft Azure Bootcamp Regional Pekanbaru.
  8. Divisi Humas dan Publikasi Kontes Robot Indonesia Regional I, 2016.
  9. Ketua Pelaksana Inter High School Journalistic Competition (IHSJW) 2016.
  10. Video Grapher Sidang Terbuka Senat Politeknik Caltex Riau 2016.
  11. Master of Ceremony (MC) Wisudawan, Wisuda XIII Politeknik Caltex Riau 2016.
  12. Master of Ceremony (MC) Training of Trainer with Oracle Academy.
Dokumentasi Sidang Terbuka Senat Politeknik Caltex Riau 2017
Politeknik Caltex Riau tentu saja sangat mengapresiasi setiap mahasiswanya yang memiliki kemampuan untuk belajar, maju dan berprestasi. Oleh karena itulah dalam pelaksanaan Sidang Terbuka Senat (STS), PCR juga memberikan penghargaan kepada mahasiswanya yang berprestasi. Nah, gimana? Kamu semakin tertarik untuk berkompetisi?

Semester tujuh ini merupakan waktu bagi saya dan teman-teman dari program studi lainnya untuk melakukan Kerja Praktek alias Magang. Kerja Praktek atau biasa disingkat dengan KP ini dilaksanakan selama 4 bulan, yang pastinya bertujuan untuk meningkatkan skill dan menambah pengalaman mahasiswa di dunia kerja. Oh ya, sebentar lagi bulan november kan, bagi kamu yang belum punya kalender, mungkin bisa save kalender ganteng ini..
Kalender 2017 | Politeknik Caltex Riau
Jadi #KuliahdiPoliteknik itu keren kaan? Kamu tertarik? Yuk langsung aja menjadi mahasiswa barunya dengan daftar kuliah di Politeknik Swasta Terbaik di Indonesia ini. 
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
20 November, 2017 15:50 delete

wah keren. benar benar menginspirasi tulisannya (y). Sukses terus bro!

Reply
avatar