Tanggap Bencana dan Darah - Palang Merah Indonesia

Bencana merupakan suatu rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan masyarakat, seringkali disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis.
Dengan banyaknya bencana yang terjadi diIndonesia, mulai dari banjir, tsunami, gempa bumi, hingga kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan kabut asap, PalangMerah Indonesia hadir Dimanapun Untuk Siapapun.

PMI - Image Source: www.pmi.or.id
Ibarat pepatah “Tak kenal maka tak sayang”, atau mungkin ada yang bertanya “Palang Merah Indonesia itu apa ya?”, oke saya jawab, Palang Merah Indonesia atau biasa disingkat dengan PMI merupakan organisasi netral dan independen di Indonesia yang aktivitasnya dibidang sosial kemanusiaan. PMI terbentuk atas dasar dorongan jiwa kemanusiaan dan kesadaran nasional. Nah udah pada kenal kan dengan PMI?, Yuk lanjut..

Hingga saat ini, Palang Merah Indonesia ini telah berdiri di 33 Provinsi, 371 Kabupaten/Kota dan 2.654 Kecamatan (data per-Maret 2010 – Sumber: pmi.or.id), dan PMI juga mempunyai hampir 1.5 juta sukarelawan. Artinya, di Tanah Air kita, Indonesia, keberadaan Palang Merah Indonesia tersebar diseluruh penjuru negeri, dari sabang hingga merauke, yang siap untuk memberikan pelayanan Totalitas Tanpa Batas untuk kemanusiaan.

“Meningkatkan kapasitas sumber daya organisasi PMI di berbagai tingkatan, baik sumber daya manusia maupun sarana prasarana yang diperlukan dalam operasi penanganan bencana diseluruh wilayah Indonesia” merupakan salah satu dari beberapa tujuan strategis Palang Merah Indonesia.
Demi tercapainya tujuan tersebut, PMI melakukan beberapa aksi untuk meningkatkan sumber dayanya dalam penanggulangan bencana, seperti:
1. Latihan Gabungan Penanggulangan Bencana
LatGab Penanggulangan Bencana - Image Source: www.pmi.or.id
Pada 30-31 Mei 2016 lalu, sebanyak 250 sukarelawan dari 13 PMI Kabupaten Kota se-Bakorwil 2 Surakarta dan Kedu, Jawa tengah, mengikuti latihan gabungan penanggulangan bencana di Badan SAR Nasional. Dalam latihan gabungan ini terbagi menjadi beberapa tahap pelatihan yakni Pertolongan Pertama, Water Rescue, dan Dapur Umum. Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk persiapan dalam memberikan bantuan serta pelayanan secara efektif kepada masyarakat apabila terjadi bencana.

2. Ajari Tangguh Bencana dengan Game Saifah dan Tanah
Saifah dan Tanah - Image Source: www.pmi.or.id
Dilatarbelakangi dengan kondisi geografis di Indonesia yang sering terjadi Bencana, maka perlu upaya untuk mengedukasi tentang kesiapsiagaan bencana yang dimulai sejak dini. Oleh karenanya, PMI bersama dengan Palang Merah Amerika, UNESCO, Global Disaster Preparedness Center, dan USAID meluncurkan dua aplikasi tentang kesiapsiagaan bencaan, yaitu Saifah dan Tanah. Game ini bersifat edukatif bagi masyarakat, anak anak dan remaja. Saifah merupakan game edukasi yang bertujuan untuk mengajarkan pengguna mengenai kesiapsiagaan dan keselamatan banjir. Sementara Tanah bertujuan untuk mengedukasi pengguna untuk melindungi diri dari gempa bumi dan tsunami. Wow, game yang sangat menarik bukan? Yuk jadi tangguh bencana dengan game Saifah dan Tanah, kamu bisa download di google play store dan app store sekarang juga loh!

3. Laporkan kondisi Darurat dengan Aplikasi Siaga Bencana
Mobile Rapid Assessment - Image Source: www.pmi.or.id
Dengan Mobile Rapid Assessment (MRA), masyarakat umum serta relawan PMI dapat mengirimkan dan menerima informasi bencana secara Aktual, Mudah dan Cepat. Pengguna aplikasi bisa melaporkan kejadian bencana alam secara langsung ke Posko PMI Pusat, dan juga akan selalu menerima update informasi kejadian bencana dan kedaruratan, lengkap dengan informasi dampak, kebutuhan, pengungsian , koordinat dan foto. Yuk download di Google Play dan App Store dengan keyword PMI MRA sekarang juga, agar kami bisa update dengan bencana yang terjadi disekitar lingkungan kita guys!

4. Siap hadapi bencana dengan aplikasi Siaga Bencana
Siaga Bencana Application - Image Source: www.pmi.or.id
Berbeda dengan MRA, aplikasi ini merupakan aplikasi yang berisi materi tentang kesiapsiagaan bencana baik pada masa tenang maupun kondisi penanganan bencana.

5. Aplikasi First Aid – Panduan Praktis Pertolongan Pertama
First Aid Application - Image Source: www.pmi.or.id
First Aid hadir untuk memberikan pembelajaran yang memudahkan seseorang melakukan tindakan pertolongan pertama dasar bila menghadapi kondisi darurat disekitarnya.

6. Everywhere to Everyone
Everywhere for everyone - Image Source: www.pmi.or.id
Melalui Slogan “Everywhere to Everyone”, PMI mengajak semua pihak untuk dapat melakukan aksi-aksi kemanusiaan, dimanapun kepada siapapun. Aksi ini dilakukan melalui serangkaian kegiatan peringatan seperti Talk Show, Lomba Menulis untuk Blogger, Lomba Citizen Journalism, First Aid for Advocate, Pekan Film Kemanusiaan dan Fun Walk Kampanye RUU Kepalangmerahan, yang melibatkan para mitra PMI yang bertujuan untuk terus mengenalkan PMI dan kegiatan kemanusiaannya kepada publik.

Itulah beberapa aksi PMI untuk meningkatkan sumber daya demi keselamatan manusia dalam penanganan bencana.

Eh sebentar, saya punya tebakan nih buat kamu, ‘cairan apa yang terus mengalir didalam tubuh manusia’? Yap benar! Jawabannya darah. Setiap manusia pasti membutuhkan darah. Tapi apa hubungannya dengan artikel bencana?. Jadi begini, dengan kondisi alam Indonesia yang seperti Supermarket Bencana (banyak jenis becana yang terdapat diIndonesia), terkadang bencana tersebut menjatuhkan banyak korban. Seringkali korban kekurangan banyak darah, sehingga membutuhkan pertolongan dari pendonor darah. Namun, dengan kondisi yang darurat, beberapa rumah sakit tidak mempunyai stok darah yang cukup. Faktanya, Indonesia membutuhkan 4.5 juta hingga 4.8 juta kantong darah setiap tahunnya, tetapi hingga saat ini, stok darah di Indonesia masih belum mencapai angka tersebut.

Oleh karena itu, Palang Merah Indonesia hadir dengan berbagai program Donor Darah, seperti:

1. Hari Donor Darah Sedunia
World Blood Donor Day - Image Source: www.pmi.or.id

Peringatan ini dilakukan setiap tanggal 14 juni setiap tahunnya. Aksi donor darah ini diharapkan dapat memotivasi sesama, terutama generasi muda untuk terus secara rutin mendonorkan darahnya, sehingga pemenuhan kebutuhan darah dapat terwujud.

2. Donor Darah Sukarela (DDS)
Donor Darah - Image Source: http://media.nationalgeographic.co.id/daily/640/0/201501121641072/b/foto-manfaat-donor-darah.jpg
Donor Darah Sukarela adalah orang yang dengan sukarela mendonorkan darahnya. Banyaknya DDS yang rutin donor darah diharapkan mampu memenuhi kebutuhan darah setiap hari. Sebagai bentuk apresiasi kepada para pendonor, PMI dan Pemerintah memberikan piagam penghargaan kepada para DDS yang telah menyumbangkan darahnya sebanyak 15 kali, 30 kali, 50 kali, 75 kali, dan 100 kali.

3. Mobil Donor Darah
Mobil Donor Darah - Image Source: www.pmi.or.id

PMI telah meluncurkan 100 unit mobil donor darah untuk mendukung kegiatan donor darah diseluruh Indonesia. Identik dengan slogan “Dimanapun untuk Siapapun”, kita bisa mendonorkan darah kita ditempat tempat yang terpencil sekalipun.

Itulah beberapa aksi Palang Merah Indonesia dalam membantu Indonesia demi mencapai persediaan darah yang cukup. Yuk donorkan darah kamu sekarang! Your blood Saved my life, Share life Give blood #RedCrossDay


Artikel ini diikutsertakan dalam Kompetisi Blogger #RedCrossDay Palang Merah Indonesia
Previous
Next Post »